Pengantar Cybercrime

Pengantar Cybercrime~Perkembangan tekonologi computer, telekomunikasi, dan informasi telah berjalan sedemikian rupa sehingga saat ini sudah jauh berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu. Pemanfaatn teknologi telah mendorong pertumbuhan bisnis yang pesat,  melalului hubungan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi dapat digunakan untuk berbisnis. Pihak yang terkait dalam transaksi tidak perlu bertemu face to face, cukup dengan computer dan telekomunikasi , kondisi yang demikian merupakan dimulainya era siber dalam bisnis.

Dampak positif tersebut tidak berlangsung demikian, disisi lain timbul pihak lain dengan etikad tidak baik dengan mencari keuntungan melawan hokum, yang berarti melakukan pelanggaran dan kejahatan. Dalam keadaan tersebut, timbul gerakan masyarakat untuk mengembangkan hokum, peraturan dan norma. jika suatu kejahatn terjadi masyarakat akan bereaksi , bahwa hal tersebut salah, yang perlu dicegah. Pencegahan melalui peraturan terbatas pada lokasi, missal kota, Negara bahkan global.

Mengikuti perkembangan teknologi computer, teknologi telekomunikasi dan informasi yang sangat pesat, agar dapat membandingkan dengan perkembangan awal computer, sebaiknya menengok apa yang terjadi ratusan yang lalu.

Pada tahun 1959 diperkenalkan computer mini dengan temuan integrated circuit  oleh Texas Instrument dan Fairchild Semiconductor. Tahun 1968 Doug Engelbart memperkenalkan word procecor, sementara itu Faichild Semiconductor dengan Intel berlomba memproduksi chip yang makin besar kapasitasnya, yang akhirnya menjadi micropocecor.

Pada tahun 1974 diperkenalkan  Personal Minicomputer  oleh Jonathan A.Titus, disusul oleh MITS Altair 8800, sejak saat ini lahirlah Microsoft  yang kemudian menjadi perusahaan raksasa. Tahun 1980 Apple menguasai 50% pasaran personal computer, sementara IBM PC yang diperkenalkan Agustus 1981.

Perkembangan paling mutakhir terhadap computer dengan teknologi telekomunikasi dan informasi adalah menghasilkan computer network, ialah time-sharing, pusat menghubungkan pengguna terhadap single computer melalui remote terminal, dibangun MIT tahun 1950-an dan permulaan 1960. Dua tahun kemudian Paul Barau dari RAND membangun ide distributed/pocket switching networks, tahun 1969 APRANET telah online. Telenet yang pertama USENET (link antara University North Carolina dan Duke University) diluncurkan tahun 1979, pada tahun yang sama  University of Essex meluncurkan MUD ynag pertama.  Pada tahun 1982 TCP/IP ditetapkan sebagai standar APRANET. Jumlah network host pada 1987 berjumlah 10.000, tahun 1989 menjadi 100.000, perkembangan yang luar biasa. Inilah yang disebut dengan era siber.




Dikutip dari : Buku 'CYBERSPACE Problematika & Antisipasi Pengaturannya' ,
                    Karangan : Niniek Suparni, S.H.,M.H.

0 komentar:

Posting Komentar