Perkembangan Masalah Kejahatan Komputer


Perkembangan Masalah Kejahatan Komputer~Dalam kaitan ini jika dilihat dalam peraturan perundang undangan , maka perbuatan perbuatan pidana yang dapat digunakan dibidang computer dan siber adalah penipuan, kecurangan, pencurian, dan perusakan, yang pada pokoknya dilakukan secra langsung. Sementara jika hal terssebut dilakukan dengan sarana siber, maka kejahatan computer dan siber dapat berbentuk sebagai berikut :


  1. Penipuan computer yang mencakup :
    a) Bentuk dan jenis penipuan berupa pencurian uangatau benda dengan sarana computer dengan    melawan hokum, yaitu dalam bentuk penipuan data dan penipuan program.
    b) Perbuatan pidana penipuan,yang pada pokoknya dimaksudkan menghindarkan diri dari kewajiban  (misalnya pajak) atau memperoleh sesuatu yang bukan hak atau miliknya melalui sarana computer.c).Perbuatan curang untuk memperoleh sarana tidak sah , misalnya mentranfer rekening orang kerekeningnya sendiri dengan computer sehingga merugikan orang lain .d). Konpirasi penipuan, ialah perbuatan pidana untuk melakukan penipuan dengan sarana computer.e). Pencurian .
  2. Perbuatan pidana penggelapan.
  3. Hacking, ialah melakukan akses computer tanpa seizin dengan menembus system pengamanan computer yang dapat mengancam berbagai kepentingan.
  4. Perbuatan pidana komunikasi, ialah hacking yang dapat membobol system on-line kompuetr yang menggunakan sisitem komunikasi
  5. Perbuatan pidana perusakan sisitem computer, baik merusak data atau menghapus kode yang menimbulkan kerusakan atau kerugian
  6. perbuatan pidana yang berkaitan dengan hak milik intelektual, hak cipta dan hak paten, berupa pembajakan.
Jenis pidana tersebut data berlaku jika computer dihubungkan dengan teknologi telekomunikasi dan informasi sehingga menjadi kejahatan siber, terutama dengan berkembangnya teknologi internet.

Perkembangan terakhir internet merupakan jaringan komunikasi data global yang berbasis protocol komunikasi TCP/IP mendorong infrastruktur  komunikasi data yang murah. Dengan adanya infrastruktur tersebut mendorong orang untuk melewatkan telepon. Olehkarena itu, perkembangan teknologi tersebut mendorong timbulnya voice over internet protocol(VoIP), ialah teknologi komunikasi suara dan flaksimile melalui jaringan berbasis IP(Internet Protocol).



Dikutip dari : Buku 'CYBERSPACE Problematika & Antisipasi Pengaturannya' ,
                    Karangan : Niniek Suparni, S.H.,M.H.


0 komentar:

Posting Komentar