Beberapa Kasus Cybercrime

Beberapa Kasus Cybercrime~Kasus Cybercrime merupakan kasus yang berbeda dengan kasus-kasus biasa, karena kasus ini dilakukan oleh seseorang yang sudah mengerti tentang dunia IT. Terdapat kasus kejahatan yang telah dilaporkan ke pengadilan.  Mungkin hal ini agak lain dibandingkan perbuatan pidana siber, namun mengingat saran yang digunakan hal ini termasuk dibidang computer, telekomunikasi, dan informasi maka dapat dijadikan contoh yang segolongan. Adapun kasus tersebut antara lain :

  1. Kasus pembobolan BNI cabang New York, ialah kasus seorang pegawai yang pernah bekerja di BNI Cabang New York sejak tahun 1980 sampai September 1985. Pada waktu masih berkerja, yang bersangkutan bertugas sebagai operator computer untuk mengakses  Citybank New York atau Manstrust New York, oleh karenanyayang bersangkutan memegang password dengan kode tertentu. Dari sini kemudian yang bersangkutan mentranfer dana kebeberapa bank lainya untuk keperluan sendiri.
  2. Kasus mutasi kredit fiktif melalui computer BDN Cabang Jakarta, dilakukan oleh terdakwa dengan mempersiapkan beberapa rekening untuk menampung mutasi tanpa note(fiktif), baik dengan cara menggunakan rekening milik orang lain, maupun menghidupkan rekening yang sudah tidak aktif, yang berlangsung dari 20 Juli 1988 sampai dengan Januari 1989.
  3. Menarik dana sebesar 82 juta dari cabang USB London melalui transfer dengan memanfaatkan computer , yaitu menggunkan computer base switching system  atas dasar fruadulans instruction untuk ditujukan ke bank Credict Suisse di Nyon.
  4. Kasus pemalsuan/pencurian di Bank Danamon Pusat tahun 1998 yang melibatkan terdakwa BH secara bersama-sama dengan KH sehingga mengakibatkan kerugian Bank Danamon sebesar Rp.372.100.000,00.



Dikutip dari : Buku 'CYBERSPACE Problematika & Antisipasi Pengaturannya' ,
                    Karangan : Niniek Suparni, S.H.,M.H.

0 komentar:

Posting Komentar