Tool Pengecekan Keamanan Situs


Tool Pengecekan Keamanan Situs~Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui situs mana saja yang aman dan tidak aman untuk dikunjungi adalah menggunakan tool pengecek keamanan situs. Tool yang bisa kita gunakan antara lain McAfee Site Advisordan Web Security Guard. Tool tersebut pada umumnya dipasang pada browser, secara otomatis tool ini akan memberitahukan kepadakita jika situs yang hendak kita kunjungi berbahaya.
McAfee SiteAdvisor adalah tool yang bisa kita gunakan untuk mengecek keamanan situs adaalah McAfee SiteAdvisor. Aplikasi ini dipasang pada toolbar browser yang akan memberikan laporan kepada kitaberupa informasi penting, apakah situs tersebut aman atau tidak untuk dikunjungi. Setiap informasi yang didapat akan ditampilkan dengan balon teks dan akan diberikan warna sesuai dengan laporan yang diberikan. Aplikasi ini bisa Anda akses secara gratis dengan mengunduhnya di situs http://www.siteadvisor.com.

Cara lain adalah dengan Menghapus ‘Jejakmu’

Setiap kali Anda mengunjngi situs, browser akan merekamnya dalam Temporary Internet dan History Settings. Di dalam Temporary Internet tersimpan berbagai macam jenis file seperti html, swf, css, txt, jpg, gif, jsp dan masih banyak lainnya. Situs yang tersimpan juga bermacam – macam seperti situs jaringan sosial, layanan email, search engine, hacker, pornografi, online banking dan lain sebagainya.
Cara pencegahannya sebenarnya relatif cukup mudah, berikut langkah – langkahnya:

  1. Hapus jejak situs yang sudah kita kunjungi, karena biasanya tersimpan di Temporary Internet Files.
  2. Jangan mem – bookmark atau menyimpan situs – situs dengan konten dewasa atau situs penting lain di menu Favorites.
  3. Jika kita men – download konten dewasa, hapuslah jejak atau link bekas kitadownload
  4. Hapuslah recent file, sebab di dalamnya menyimpan informasi terakhir yang kita akses.
  5. Biasakanlah untuk logout jika kita telah mengakses email atau layanan transaksi online.


Sumber: Buku Teknik Menangkal Kejahatan Internet UntukPemula
oleh Dominikus Juju dan MataMaya Studio

0 komentar:

Posting Komentar